Jumat, 06 Januari 2012

Kecamatan Karangrayung


Letak Geografis Kecamatan Karangrayung
Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan secara garis besar terletak pada 0°- 8°, dan merupakan dataran rendah yang berada pada ketinggian 50 meter diatas permukaan air laut. Nama Karangrayung dapat diartikan sebagai batu dan rumput yang tumbuh di pinggir sungai.
Kecamatan Karangrayung terbentuk bersama-sama dengan terbentuknya Kabupaten Grobogan yaitu berdasarkan UU No. 13 Tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah-daerah Kabupaten di lingkungan Propinsi Jawa Tengah.
Adapun potensi di wilayah Kecamatan Karangrayung, sama seperti kecamatan lain di Kabupaten Grobogan meliputi tanaman pertanian padi, jagung, palawija.
Dilihat dari Peta Kabupaten Grobogan, Kecamatan Karangrayung teletak di bagian barat selatan merupakan perbatasan  dengan Kabupaten Boyolali. Detail Peta Kecamatan Karangrayung dapat ditelusuri melalui Google Maps, silahkan klik disini 

Luas Wilayah  Kecamatan Karangrayung
Secara administratif Kecamatan Karangrayung terdiri dari 19 Desa, 591 RT, dan 107 RW dengan ibukota berada di Desa Sumberjosari. Kecamatan ini mempunyai luas wilayah 140.59 Km2 dengan jumlah penduduk pada Tahun 2009 sebanyak 97.912 jiwa, sebagaimana tabel di bawah ini.
kec_karangrayung-1

Aspek Umum  Kecamatan Karangrayung
Tahun 2009, Produksi pertanian terbesar di Kecamatan ini adalah komoditas jagung yang mencapai 52.454 ton, diantara produksi pertanian yang lain. Produksi jagung di kecamatan ini mencapai 7,43% dari total produksi di Kabupaten Grobogan yang mencapai 705.691 ton. 
Produksi perikanan dari perairan umum lebih tinggi dibandingkan produksi kolam, yang mencapai 10.311 Kg, Sementara produksi dari kolam mencapai 9.545 Kg. Sedangkan untuk peternakan cukup besar, jumlah ternak kambing mencapai 3.608 ekor, sapi potong mencapai 1.249 ekor. 
Industri yang berkembang masih didominasi industri rumah tangga yang mencapai 1.120 unit, industri kecil mencapai 20 unit. Sedangkan untuk industri besar dan sedang belum berkembang di kecamatan ini. Selanjutnya dapat dilihat pada tabel di bawah ini.
kec_karangrayung-2


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by www.teguhpamuji83.co.cc | Themes - Teguh Pamuji | SharePoint Demo